Elma Zahradafia, 1052018065 (2023) Analisis Perilaku Bullying dan Upaya Penanganannya di MIS Terpadu Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
ELMA ZAHRADAFIA. 1052018065. PGMI. 2023.pdf Download (971kB) |
Abstract
Masalah sering muncul di lembaga pendidikan pada masa ini, terutama tingginya jumlah siswa yang melakukan kekerasan dan kriminalitas. Hal seperti itu bertentangan dengan tujuan pendidikan untuk mengembangkan karakter cerdas demi masa depan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana perilaku bullying pada murid dan upaya penanganan perilaku bullying di MIS Terpadu Langsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yaitu terdapat perilaku bullying murid di MIS Terpadu Langsa, bentuk perilakunya yaitu dalam bentuk fisik, verbal, psikis dan media sosial. Secara fisik bentuk bullying yang terjadi antara lain seperti memukul, menjegal, mencubit, menendang, menolak, memalak atau pengompasan (meminta sesuatu dengan paksa), mengambil dan merusak barang. Bullying secara verbal bentuknya antara lain mengejek / memanggil nama teman dengan julukan tertentu (name calling) dan memanggil dengan nama orang tua. Secara psikis dengan mengucilkan, dan yang terakhir secara cyber bullying dengan mempermalukan. Intensitas bullying di MIS Terpadu langsa jika dilihat dari segi frekuensinya, maka terdapat tindakan bullying yang dilakukan oleh murid setiap harinya dan terjadi minimal 1- 2 kasus. Sedangkan jika dilihat dari kualitasnya, maka bullying yang terjadi secara umum dapat dikatakan dari bullying ringan ke bullying sedang. Hal ini dapat dilihat dari dampaknya bahwa hanya beberapa saja yang merasa kesakitan, selebihnya menangis dan merasa takut setelah terjadinya bullying. Dalam upaya penanganan yang sudah dilakukan di MIS Terpadu Langsa meliputi pembinaan dan pengawasan, seperti menasihati dan memantau aktivitas murid saat jam kosong atau di luar kelas agar tidak terulang lagi perilaku bullying.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zulfitri, MA Pembimbing II: Suhelayanti, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Upaya Penanganan |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Kenakalan Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:22 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:22 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3702 |
Actions (login required)
View Item |