Peran Media Sosial dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi

Mardiana, 4032017046 (2022) Peran Media Sosial dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MARDIANA. 4032017046. MKS. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan yang semakin modern mengubah pola konsumsi masyarakat beralih dari belanja konservatif ke belanja online. Dan 25% adalah produk fashion. Semakin meningkatnya pembelian secara online membawa dampak pola perilaku belanja konsumen. Perusahaan harus memahami perilaku pembelian konsumen mencakup proses pengambilan keputusan dan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Media sosial, kelompok acuan dan citra merek akan mempengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian online produk fashion dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Pengambilan sampel menggunakan Unknow Population, data yang diperoleh dengan membagikan kuisioner tentang media sosial, kelompok acuan, citra merek dan keputusan pembelian online kepada 96 mahasiswa IAIN langsa sebagai responden yang sudah pernah melakukan pembelian fashion secara online. Teknik analisis data yang penulis lakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jalur IBM SPSS Statistics 17 dan 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial, kelompok acuan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online dan citra merek secara tidak langsung positif signifikan secara parsial memediasi hubungan antara kelompok media sosial dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abdul Hamid, MA Pembimbing II: Rifyal Dahlawy Chalil, S.E.I, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kelompok Acuan, Citra Merek, Keputusan Pembelian Online
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:45
Last Modified: 27 Jul 2023 02:45
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item