Lili Andriani, - (2023) Artikel - Tafsir Visual Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fajar Hidayah, Blang Bintang, Aceh Besar. -, - (-). pp. 1-14. ISSN - (Unpublished)
Text
IAT--Lili_Artikel Skripsi.pdf Download (245kB) |
Abstract
Sebagaimana dikatakan oleh Arkoun bahwa Al-Quran memberikan kemungkinankemungkinan tidak terbatas, ia selalu terbuka untuk interpretasi baru, tidak pernah pasti dan tertutup dalam interpretasi tunggal, sehingga dapat dimaklumi jika kemudian muncul beragam metode penafsiran yang telah ditawarkan oleh para mufasir klasik, pertengahan, maupun pada masa modern. Secara umum metodemetode tafsir hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Baik dari pelajar, mahasiswa, dosen maupun para cendekiawan, dan belum menyentuh pada objek anak- anak. Padahal memahamkan anak-anak terhadap isi kandungan ayat Al-Qur’an sangat penting untuk perkembangan kognitif dan karakternya. Anak-anak memiliki cara berpikir dan belajar yang berbeda dengan orang dewasa, sehingga literatur dan pembelajaran tafsir untuk anak-anak sangat dibutuhkan. Afif Muhammad dalam kitab tafsirnya menggunakan metode visual yang sesuai dengan kemampuan kognitif anak untuk memahami makna ayat yang ditafsirkan. Dan Yayasan SIT Fajar Hidayah Aceh adalah sekolah yang juga menerapkan metode pembelajaran tafsir yang layak untuk anak-anak. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Penulis mengumpulkan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Dengan menerapkan metode belajar sambil bermain dan pemanfaatan media visual secara optimal, Fajar Hidayah mampu memberikan efek yang signifikan terhadap para siswanya dalam memahami Al-Qur’an. Implementasi metode tafsir visual ini sendiri dilakukan dengan menyesuaikan tahapan pembelajaran siswa/i di sekolah. Dalam mengajarkan tafsir SD IT Fajar Hidayah menggunakan metode ijmali, metode berkisah atau bahasa dongeng dan media visual sebagai sarana pembelajaran tafsir Al-Qur’an yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Penggunaan metode visual ini dinilai sangat efektif. Para guru berhasil memaksimalkan fungsi metode tafsir visual sehingga berdampak besar bagi pemahaman siswa terhadap Al-Qur’an baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa. Oleh karenanya dalam tulisan ini peneliti akan membahas terkait efektivitas penggunaan metode tafsir visual dalam pembelajaran Al-Qur’an sebagaimana yang telah diterapkan Yayasan SIT Fajar Hidayah Aceh.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tafsir, Efektivitas, Visual, Fajar Hidayah, Metode dan Pembelajaran. |
Subjects: | Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Tafsir Alquran |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Ilmu Al-Qur'an & Tafsir |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:42 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:42 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3664 |
Actions (login required)
View Item |