Perilaku Konsumen Terhadap Produk Kosmetik yang Terdaftar dan Tidak Terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam Perspektif Konsumsi Islam

Asri Novita Ramadhani, 4022017071 (2022) Perilaku Konsumen Terhadap Produk Kosmetik yang Terdaftar dan Tidak Terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam Perspektif Konsumsi Islam. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
ASRI VIONITA RAMADHANI. 4022017071. EKS. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap produk kosmetik yang sudah terdaftar dan tidak terdaftar pada BPOM, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk kosmetik yang terdaftar dan tidak terdaftar pada BPOM, untuk mengetahui prilaku konsumen perspektif konsumsi Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau (field research). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Menurut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menurut masyarakat di Kecamatan Rantau Selamat itu tidak terlalu mementingkan suatu produk sudah terdaftar di BPOM atau tidak, namun yang menjadi acuannya adalah suatu produk yang dipilih tidak berefek buruk pada kulit mereka. Maka dari itu mereka lebih mengutamakan kecocokan bagi kulitnya ketimbang terdaftar atau tidaknya suatu produk di BPOM, Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk kosmetik tidak terdaftar dan terdaftar BPOM oleh masyarakat di seputaran Rantau Selamat ini yaitu faktor sosial (pribadi, keluarga, tetangga dan psikologis) dan faktor budaya (keadaan ekonomi dan gaya hidup). Perilaku konsumen terhadap produk kosmetik yang sudah terdaftar dan tidak terdaftar BPOM dalam perspektif konsumsi Islam di seputaran Rantau Selamat dengan cara menjaga ciptaan Allah, menggunakan prinsip kesederhanaan, mengikuti anjuran dari pemerintah, menggunakan prinsip keadilan, mengikuti anjuran agama serta mengedepankan suatu manfaat dan kegunaan suatu produk yang mereka konsumsi dan langsung mengevaluasi produk tesebut dengan cara mencoba langsung untuk diri sendiri dan apabila cocok maka akan dipakai dalam jangka waktu yang lama, dan sebaliknya apabila kurang cocok akan ditinggalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Yahya, SE, M.Si Pembimbing I : Mastura, M.E.I
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen, produk kosmetik, terdaftar dan tidak terdaftar BPOM, konsumsi islam
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:08
Last Modified: 13 Jul 2023 04:08
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item