Sakinah, 1022015027 (2022) Penerapan Metode Talqin untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mufradat di MTs Terpadu Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
SAKINAH. 1022015027. PBA. 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mufradat merupakan salah satu unsur kebahasaan yang sangat penting untuk dikuasai dalam pembelajaran bahasa asing, seperti bahasa Arab. Penambahan kosakata sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, diperlukannya metode dalam belajar kosa kata. Berdasarkan pengamatan peneliti yang pertama pada kelas VIII (a) di MTs Terpadu Langsa. Para siswa mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf mufradat dan mereka tidak mampu membaca mufradat dengan baik, terkadang mereka mengetahui tiap huruf dari kosa kata tetapi mereka keliru dalam intonasi mufradat. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti akan menggunakan metode Talqin untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mufradat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talqi untuk meningkatkan kempuan siswa dalam mufradat di sekolah Mts Terpadu Langsa dan apakah penerapan metode talqin dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mufradat di sekolah Mts Terpadu Langsa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas 2 yang berjumlah 171 orang, sedangkan peneliti hanya mengambil sampel 1 kelas di kelas 2(A) sebanyak 18 siswa. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah pengambilan sample kuota atau dalam bahasa Inggris disebut Quota Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Peneliti melakukan penelitian ini didalam satu kelas yang disebut dengan “One Group Pre-Test Post-Test Design”. Setelah dilakukan analisis peneliti menemukan hasil: (1)Penerapan metode talqin di MTs Terpadu Langsa berjalan sesuai prosedurnya. Peneliti menerapkannya dengan cara mentalqinkan kosakata kepada siswa, kemudian siswa mengikutinya dengan baik. Pentalqinan kosakata tersebut diulang sebanyak 7 kali. Metode ini memudahkan siswa untuk mengetahui pengucapan huruf-huruf kosa kata dengan baik. Dan adapun metode ini dapat diterapkan di Mts Terpadu Langsa. (2)Bahwa penerapan metode talqin dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa di MTs Terpadu Langsa. Buktinya adalah derajat tingkat signifikansi (Sig.2-tailed) lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima. Dan hasil nilai uji (t) lebih besar dari nilai (t) tabel,sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: Fuji Astuti, MA |
Uncontrolled Keywords: | Metode Talqin, Pembelajaran Mufradat |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab > Ilmu Yang Berkaitan dengan Bahasa Arab Lainnya |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:15 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3641 |
Actions (login required)
View Item |