Nur Arbaiyah, 3022014015 (2020) Strategi Pembinaan Mental oleh Guru Tahfidz dalam Mengurangi Tingkat Kejenuhan Siswa/Siswi Menghafal Al-Qur'an di SMP Plus Al-Athiyah Lembah Seulawah Aceh Besar. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NUR ARBAIYAH. 3022014015. BKI. 2020.pdf Download (820kB) |
Abstract
SMP Plus Al-Athiyah Lembah Seulawah Aceh Besar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memfokuskan program pendidikan kepada hafalan Al-Qur'an. Dalam perjalanannya, tak jarang ditemui beberapa santri yang mengalami kejenuhan dalam menghafal dan akhirnya target hafalan yang menjadi standar kelulusan menjadi kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru tahfidz dalam mengurangi tingkat kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur'an, apa saja faktor penghambat yang dihadapi guru tahfidz dalam mengurangi tingkat kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur'an, selanjutnya untuk mengetahui hasil dari strategi guru tahfidz dalam mengurangi tingkat kejenuhan santri menghafal Al-Qur'an di SMP Plus Al-Athiyah Lembah Seulawah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis yaitu penelitian vang bermaksud menggambarkan gejala atau keadaan "apa adanya". Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Strategi yang dilakukan guru tahfidz dalam mengurangi kejenuhan santri menghafal Al-Qur'an di SMP Plus Al-Athiyah Lembah Seulawah Aceh Besar dilakukan secara terintegrasi sejak perencanaan sampai pada tahap evaluasi. (1) Proses perencanaan dimulai dengan menentukan target hafalan yang harus dicapai, cara menghafal, jadwal menghafal dan metode menghafal dalam bentuk tahsin, tadabbur, dan takrir. (2) Pada tahap pembelajaran, santri dibimbing sesuai dengan metode menghafal yang cocok dan memperhatikan waktu dan suasana yang tepat untuk menghafal. (3) Evaluasi ditulis di Al-Qur'an santri dalam bentuk note, sertifikat per juz, nasehat dalam bentuk motivasi dilakukan setiap hari dimulai saat santri menyetor dan mentakrir hafalannya. Adapun faktor penghambat yang dihadapi guru tahfidz dalam menerapkan strategi adalah: santri sering kelelahan fisik karena aktifitas sekolah dan sebagian santri kurang motivasi, memiliki daya ingat dan konsentrasi yang lemah. Adapun hasil penerapan strategi guru tahfidz dalam mengurangi kejenuhan santri menghafal Al-Qur'an di SMP Plus Al-Athiyah Lembah Seulawah Aceh Besar dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah lulusan yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz dari tahun ke tahun. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi kepala sekolah untuk terus mengembangkan program-program di sekolahnya, khususnya dibidang Tahfiẓul Qur'an. Bagi para ustadz/ustadzah diharapkan mampu untuk selalu memberikan motivasi dan terus berinovasi dalam penggunaan metode pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan mampu meraih tujuan secara maksimal. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar lembaga pendidikan yang fokus pada program tahfidz juga menyediakan bimbingan konseling agar santri yang mengalami kejenuhan dapat dibantu melalui layanan belajar dan layanan konseling lainnya yang sesuai dengan kebutuhan santri dalam menghafal Al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Marhaban, MA. Pembimbing II: Zulkarnain, S.Ag, MA |
Uncontrolled Keywords: | strategi, pembinaan mental, tingkat kejenuhan, tahfiẓul qur‟an |
Subjects: | Islam Umum > Bimbingan Islami |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:09 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:09 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3639 |
Actions (login required)
View Item |