Problematika Pembelajaran Baca Al-Qur-An Pada Siswa Mis Al Ashriyah Kota Langsa

Fakriansyah, 5032017008 (2020) Problematika Pembelajaran Baca Al-Qur-An Pada Siswa Mis Al Ashriyah Kota Langsa. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
FAKHRIANSYAH.5032017008.PASCAPAI.2020.pdf

Download (25MB)

Abstract

Belajar adalah sebagai suatu proses di mana seorang berubah perilakunya akibat pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh melalui proses belajar, dengan mengamati, melakukan, memikirkan dan merefleksikan. Sehingga pengalaman tersebut akan menjadi sebuah pengetahuan. Demikian pula dengan pengetahuan tentang Al-Qur-an diperoleh dengan cara yang sama. Membaca AlQur�an merupakan bagian dari pengetahuan Al-Qur-an, yang diperoleh dengan cara belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menelitidi MIS Al Ashriyah Kota Langsa karena masih terdapat kekurangan dalam penerapan metode dalam pembelajaranbaca Al-Qur-an pada siswa. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur-an pada siswa MIS Al Ashriyah Kota Langsa (2) Apa saja problematika pembelajaran baca Al-Qur-an pada siswa MIS Al Ashriyah Kota Langsa Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran baca Al Qur-an pada siswa MIS Al Ashriyah Kota Langsa, yang mana pada pelaksanaan sehari-hari para siswa melaksanakan dan membiasakan baca Al Qur-an disebabkan rasa cinta terhadap Al Qur-an yang sangat kurang sehingga kebiasaaan membaca Al Qur-an jarang dilakukan, sementara para dewan guru MIS Al Ashriyah Kota Langsa telah melakukan berbagai metode dan sistem pembelajaran Al Qur-an khususnya dibidang Baca Al Qur-an. Pada kajian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu peneliti melakukan observasi langsung kelapangan dan melakukan wawancara ke pada semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran baca Al Qur-an, siswa, guru dan orangtua untuk mendapatkan informasi yang diperlukan berkaitan dengan pembahasan penelitian. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa kecintaan dengan membaca Al Qur-an pada siswa MIS Al Ashriyah Kota Langsa sangat rendah, yang dicerminkan dengan bacaan Surat�surat pendek yang masih banyak perbaikan disebabkan tidak membiasakannya, baik di Madrasah maupun di rumah serta lingkungan sekitar rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I :Dr.Amiruddin Yahya,M.A Pembimbing II:Dr.Muhaini, M.A
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Siswa, Al Qur-an
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Tajwid
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:40
Last Modified: 16 Jun 2023 02:40
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item