Penerapan Model Pembelajaran Terpadu (Integrated) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MIN 1 Gampong Teungoh

Fitri, 1052018082 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Terpadu (Integrated) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MIN 1 Gampong Teungoh. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
FITRI.1052018082.PGMI.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Terpadu (Integrated) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Gampong Teungoh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan pembagian satu kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Terpadu (Integrated). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MIN 1 Gampong Teungoh yang terdiri dari kelas V-A dan V-B berjumlah 40 siswa. Sedangkan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji coba soal yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis yang terdiri dari uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,227 > 2,10 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Gampong Teungoh sesudah diterapkan model pembelajaran Terpadu (Integrated).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Terpadu (Integrated), Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:16
Last Modified: 06 Jun 2023 02:16
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item