MUKHLIS SYAHPUTRA, 131000604 (2014) PENERAPAN INQUIRY MINDS WHAT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PECAHAN DI MTSN LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (427Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pecahan melalui penerapan inquiry minds what to know. Melalui teknik inquiry minds what to know ini juga siswa dapat bertanya dan mengemukan pemikirannya, sehingga setiap siswa akan menjadi lebih aktif di dalam kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswi kelas VII-3 MTsN Langsa yang sedang aktif belajar pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 37 orang siswi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (nilai siswi) berupa tes awal dan tes akhir yang telah divalidasi oleh para ahli serta lembar observasi (pengamatan), selama proses pelaksanaan penelitian. Penelitian terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 Agustus 2014 dan siklus II dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 September 2014. Berdasarkan tes akhir tindakan siklus I diperoleh hasil bahwa persentase siswa mendapat nilai ≥70 adalah 58,82%. Sedangkan, berdasarkan hasil tes akhir tindakan siklus II diperoleh hasil bahwa siswi yang mendapatkan nilai ≥70 sebesar 83,78%. Dengan demikian sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pada tindakan, jika 80% siswi mendapat nilai ≥70 maka tindakan siklus II berdasarkan tes akhir dikatakan telah berhasil. Kemudian hasil rata-rata observasi terhadap aktivitas guru (peneliti) pada tindakan siklus I diperoleh skor 87,5% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil rata-rata observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh skor 83,33% dengan kategori baik. Selanjutnya hasil rata-rata observasi terhadap aktivitas guru (peneliti) pada tindakan siklus II diperoleh skor 100% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil rata-rata observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh skor 95,84% dengan kategori sangat baik. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran inquiry minds what to know dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas VII MTsN Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | INQUIRY MINDS, MATERI PECAHAN |
Subjects: | Matematika > Fungsi-fungsi Khusus Dalam Matematika Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Murid |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Feb 2016 04:31 |
Last Modified: | 25 Feb 2016 04:31 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
View Item |