Juwina Syahfitri, 1052019012 (2023) Pengembangan Media Petualangan Cerdas Berbasis Permainan Dengan Model ADDIE Pada Tema Ekosistem. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
JUWINA SYAHFITRI.1052019012.PGMI.2023.pdf Download (16MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya antusias belajar siswa di kelas karena media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan berdampak buruk pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media Petualangan Cerdas dengan model ADDIE, menguji kelayakan media, menganalisis respon guru dan respon siswa, dan meninjau hasil belajar dengan menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di kelas V-A MIS Al-Ashriyah Langsa. Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media dapat dilihat dari hasil validasi ketiga ahli. Validasi ahli materi mendapat hasil 86% “Sangat Layak”. Validasi media tahap I mendapat hasil 77,5% "Layak" dan validasi media tahap II mendapat hasil 86,2% “Sangat Layak”. Validasi bahasa tahap I mendapat hasil 78% “Layak” dan validasi bahasa tahap II mendapat hasil 100% “Sangat Layak”. Adapun respon guru terhadap media Petualangan Cerdas mendapat hasil 96,6% “Sangat Menarik”. Respon siswa uji coba skala terbatas mendapat hasil 93,6% “Sangat Menarik”. Respon siswa uji coba skala luas mendapat hasil 95,6% “Sangat Menarik”. Pada perhitungan perbedaan hasil belajar mendapatkan hasil Asymp.sign (2-tailed) 0,00 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dengan keputusan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media Petualangan Cerdas berbasis permaian. Kesimpulannya yaitu bahwa media Petualangan Cerdas berbasis permainan dilakukan dengan melalui 5 tahapan yang sesuai dengan model pengembangan ADDIE (Analyisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media yang dikembangkan mendapat kriteria Sangat Layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Respon positif dari guru terhadap media Petualangan Cerdas dan respon siswa bahwa media ini Sangat Menarik. dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media petualangan cerdas berbasis permainan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II:Fenny Anggreni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Permainan, Petualangan Cerdas, Model ADDIE, Tema ekosistem |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 01:52 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 01:52 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3511 |
Actions (login required)
View Item |