Maisarah, 3022017035 (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
MAISARAH.3022017035.BKI.2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan dan kemampuan siswa dalam bersikap positif dalam memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif terhadap dirinya maupun orang lain. Orang yang percaya diri selalu merasa memiliki kompetensi, yakin dengan dirinya, mampu dan percaya bahwa ia bisa karena didukung dari pengalaman dan harapan yang realistis terhadap diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat; 1) perbedaan kepercayaan diri pada kelompok eksperimen pre-test dan post-test yang mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving 2) perbedaan kepercayaan diri pada kelompok kontrol pre-test dan post-test yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok 3) perbedaan kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen yang mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dengan siswa kelompok kontrol yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimen dengan desain The Non Equivqlent Control Group. Subjek penelitian berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 10 kelompok kontrol dan 10 kelompok eksperimen. Data dianalisis menggunakan statistik non-parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov 2 Independent Samples dengan bantuan SPSS Versi 20. Bedasarkan hasil uji hipotesis kolmogorov smirnov 2 independent samples diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) 0.003, atau probabilitas di bawah 0.05 (0.003 < 0.05) artinya Ho ditolak, ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen dengan skor rata-rata post-test 60,1(berada pada kategori sangat tinggi), dengan siswa kelompok kontrol dengan skor rata-rata post-test 50,3 (berada pada kategori tinggi). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Mts Al-Ikhlas Tanah Terban.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Rizky Andana Pohan, M.Pd Pembimbing II:Nengsih, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving. |
Subjects: | Pendidikan > Konseling Pendidikan |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 May 2023 09:06 |
Last Modified: | 30 May 2023 09:06 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3497 |
Actions (login required)
View Item |