Analisis Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran melalui Akun Owner Online Shop @DW_Store06

Melly Muliana, 3012017040 (2023) Analisis Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran melalui Akun Owner Online Shop @DW_Store06. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
MELLY MULIANA.3012017040.KPI.2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini mengacu kepada perkembangan zaman yang serba teknologi mengharuskan berbagai kegiatan dan aspek kehidupan manusia untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi termasuk media sosial seperti Instagram. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Bagaimana efektivitas komunikasi pemasaran online shop @Dw_store06 melalui media instagram?; 2) Apa keunggulan online shop @Dw_store06 dalam memasarkan produk kepada para konsumen melalui media instagram?; dan 3) Apa kendala/hambatan online shop @Dw_store06 dalam memasarkan produk kepada para konsumen melalui media instagram?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara komunikasi pemasaran online shop @Dw_store06 melalui media instagram, mengetahui keunggulan akun online shop @Dw_store06 dalam memasarkan produk kepada para konsumen melalui media instagram dan mengetahui kendala/hambatan yang dialami akun online shop @Dw_store06 dalam memasarkan produk kepada para konsumen melalui media instagram. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif menggunakan teknik analisa data dengan pendekatan etnografi virtual. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Sumber data dalam penelitian terdiri atas sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan triangulasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran owner akun @DW_Store06 melalui media instagram dilakukan satu arah melalui postingan video/gambar dan dua melalui live instagram pada waktu-waktu tertentu. Keunggulan yang didapatkan oleh akun online shop @DW_Strore06 yaitu mengurangi jumlah biaya pengeluaran untuk kebutuhan promosi produk, waktu yang digunakan untuk pemasaran produk menjadi lebih sedikit, jangkauan pasar menjadi lebih luas dan penyebaran informasi mengenai produk baru menjadi lebih cepat. Kendala/hambatan dalam proses pemasaran produk oleh akun @DW_Store06 melalui media instagram yaitu kurangnya minat audience membaca konten serta terbatasnya kemampuan owner dalam membuat konten promosi yang menarik untuk menarik minat calon pembeli. Oleh karena itu, owner akun @DW_Store06 perlu mengasah kemampuan yang dimiliki dengan mengikuti berbagai program pelatihan atau belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Samsuar, MA Pembimbing II:Rusli, MA
Uncontrolled Keywords: Instagram, Komunikasi Pemasaran, Akun @DW_Store06.
Subjects: Hukum Islam > Etika Bisnis dalam Islam
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 May 2023 08:36
Last Modified: 30 May 2023 08:36
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item