Artikel - Pengaruh Strategi Stad Bersimulasi Dengan Menggunakan Media Dompet Rahasia Terhadap Capaian Belajar Siswa

Carissa Alifia, - (2023) Artikel - Pengaruh Strategi Stad Bersimulasi Dengan Menggunakan Media Dompet Rahasia Terhadap Capaian Belajar Siswa. -, - (-). pp. 1-5. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
PGMI--Carissa Alifia jurnal perpus.pdf

Download (323kB)
Official URL: http://-

Abstract

Strategi pembelajaran dapat membuat rangkaian yang terencana dan dipilih untuk memudahkan siswa agar mencapai tujuan belajar. Pada proses belajar yang terjadi pada kelas V masih ada siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terjadi karena beberapa hal yaitu penggunaan strategi dan media pembelajaran. Disinilah perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaraan bisa berjalan dengan efektif dan menarik minat siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Maka dari pada itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah penggunaan strategi STAD memiliki pengaruh dengan penggunaan media pembelajaran dompet rahasia. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pada desain pre test and post test group yang dilakukan pada satu kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, hasil belajar dan angket (kusioner). Berdasarkan rumusan permasalahan penggunaan stratgi STAD dengan menggunakan media dompet rahasia terhadap capaian belajar siswa sebesar 98,8% sehingga data berkontribusi baik sisanya 1,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini didukung pada hasil pengujian hipoesis yang dilakukan terdapat nilai R = 0,110 dan R Square = 0,012 sehingga besarnya pengaruh Strategi STAD dengan media dompet rahasia membuat data berkontribusi baik, yang bearti terdapat pengaruh pada penggunaan strategi STAD dengan menggunkana media dompet rahasia terhadap capaian belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi STAD, Media Dompet Rahasia, Capaian Belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 May 2023 04:23
Last Modified: 30 May 2023 04:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item