Evaluasi Penerapan Metode Pembelajaran Beyond Centre And Circle Time Terhadap Peningkatan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegence) Di Rumah Belajar Kepompong

Rita Mahriza, MS, 198401172011012008 (2019) Evaluasi Penerapan Metode Pembelajaran Beyond Centre And Circle Time Terhadap Peningkatan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegence) Di Rumah Belajar Kepompong. In: Prosiding : The 4 th Annual Meeting and Conference Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program. -, Cet. 1 (-). Prodi PIAUD IAIN Tadris, Bengkulu, pp. 1-25. ISBN 978-623-91353-0-0 (Unpublished)

[img] Text
Prosiding PPS PGRA 2019 Bengkulu.pdf

Download (990kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Metode pembelajaran Beyond Centre and Circle Time (BCCT) terhadap Kecerdasan Majemuk (multiple Intellegence) di Rumah Belajar Kepompong Langsa) serta untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode pembelajaran BCCT tersebut. Penelitian ini menerapkan pendekatan Kualitatif dengan mengadaptasi pada Evaluasi Illuminatif. Peneliti berusaha menemukan kesesuaian terhadap standar penerapan metode pembelajaran BCCT terhadap kemampuan kecerdasan jamak peserta didik. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dalam rentang umur 4 sampai 5 tahun, yang di rumah belajar kepompong Langsa disebut sebagai kelas Capung, sebanyak 9 orang. Observasi, wawancara, dan dokumentasi dijadikan sebagai alat pengumpul data guna tercapainya data yang akan menyempurnakan penelitian ini. Setelah dilaksanakna pengumpulan data, didapat bahwa penerapan metode pembelajaran Beyond Centre and Circle Time (BCCT) telah berjalan dengan baik, kreatifitas pendidik dalam menciptakan permainan dan penegelolaan kelas menjadi faktor yang sangat mendukung bagi keberhasilan penerapan metode pembelajaran ini. Faktor penghambat bisa diminimalkan seiring dengan kemauan pendidik untuk mengembangkan kreatifitasnya didalam kelas. Selanjutnya, kecerdasan majemuk (multiple intellegence) siswa berkembang dengan baik melalui metode pembelajaran ini dikarenakan karakter peserta didik yang terus terasah disetiap sentranya, serta keseimbangan sikap yang baik ketik berada disekolah dan dirumah.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: BCCT, Kecerdasan Majemuk
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:20
Last Modified: 18 Apr 2023 08:20
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item