PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 LANGSA

ULFA PRATIWI, 130900511 (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_Skripsi Lengkap Ulfa Pratiwi.pdf

Download (185Kb) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran ARCS merupakan strategi pembelajaran yang mengarah pada pengelolaan dan peningkatan motivasi belajar siswa melalui empat komponen yaitu Attention (perhatian), Relevance (relevansi), Confidance (keyakinan diri siswa), Satisfaction (kepuasan siswa) yang pada akhinya mengarah pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh strategi pembelajaran Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN 2 Langsa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 2 Langsa Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri 6 kelas dengan jumlah 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas X1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan pemecahan masalah pada materi disjungsi dan konjungsi dari siswa yang menjadi sampel penelitian.Sebelum dilakukan uji hipotesis maka perlu dilakukan uji normalitas sebagai persyaratan analisis data dengan rumus Chi-kuadrat hitung, selanjutnya uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis data yang dilakukan untuk menguji apakah nilai data yang diperoleh termasuk data homogen yaitu data yang berasal dari populasi yang sama atau tidak. Apabila data tersebut telah diuji persyaratan analisa data dan dianggap dapat dilanjutkan maka kemudian akan dilakukan pengujian hipotesis statistik dengan menggunakan uji-t.Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung ttabel dengan signifikan α = 0,05 yaitu 3,55 1,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN 2 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STARTEGI PEMBELAJARAN, ATTENTION, RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS)
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 11 Feb 2016 04:18
Last Modified: 11 Feb 2016 04:18
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item