Evaluasi Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal Di MIN 5 Langsa

Muna Ulfah R, 1052018072 (2022) Evaluasi Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal Di MIN 5 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
MUNA ULFAH. R.1052018072.PGMI.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum, perbedaan perkembangan kecerdasan IQ, EQ dan SQ dalam diri setiap anak didik pada kelas awal di tingkat MI amatlah bervariatif. Proses pembelajaran yang diterapkan pun lebih banyak ketergantungan dengan objek�objek yang jelas dan pengalaman yang secara langsung dirasakan oleh setiap anak didiknya. Namun tanpa disadari bahwa perkembangan pemikiran anak didik pada kelas awal (kelas 1, 2 dan 3) masih bersifat holistik (keutuhan) sehingga dengan melaksanakan pembelajaran terpisah justru akan menyulitkan mereka. Perencanaan pembelajaran secara tematik pada kelas awal di MIN 5 Langsa telah sepenuhnya dijalankan sedari awal bergulirnya kurikulum 2013. Maka dari itu, evaluasi perencanaan pembelajaran tematik pada kelas awal di MIN 5 Langsa ini dilakukan untuk melihat sejauh mana hasil dari pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk melihat secara langsung proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian pembelajaran tematik pada kelas awal di MIN 5 Langsa. Dalam mengumpulkan data-data penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara dalam bentuk angket, observasi dan mendokumentasikannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara hirarki guru membuat tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi, menentukan waktu dalam merencanakan evaluasi dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan berdasarkan prinsip evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran tematik pun telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur kelas awal yakni pada kelas 1, 2 dan 3 di MIN 5 Langsa, yang selanjutnya menggabungkan materi dengan tema-tema sesuai dengan buku bahan ajar yang ada. Kemudian evaluasi pembelajaran tematik secara aktualisasinya telah dilakukan terhadap peserta didik dan guru untuk mengetahui kemampuan setiap guru maupun peserta didik dalam aktivitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II:Junaidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Tematik, Kelas Awal
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:10
Last Modified: 24 Mar 2023 08:10
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item