Tradisi Pembacaan Surat Al-Fath Ayat 1-3 Dalam Kitab AL-Diyau Al-Lami (Studi Living Quran di Majelis Anwarul Habib Kota Langsa)

Renza Ananda Putra, 3032017009 (2022) Tradisi Pembacaan Surat Al-Fath Ayat 1-3 Dalam Kitab AL-Diyau Al-Lami (Studi Living Quran di Majelis Anwarul Habib Kota Langsa). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
RENZA ANANDA PUTRA.302017009.IAT.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang tradisi pembacaan surat al-Fath ayat 1-3 dalam kitab al-Diya’ al-Lami’ yang rutin dibacakan setiap minggu tepatnya di hari senin malam selasa selepas isya di Majelis Anwarul Habib Kota Langsa. Dengan menggunakan studi Living Qur’an dan peneliti menjadikan teori sosiologi pengetahuan yang ditawarkan oleh Karl Mannheim sebagai acuan untuk melakukan penelitian dalam pembahasan asal-usul pengetahuan praktik pembacaan surat al-Fath} ayat 1- 3 dalam kitab al-Diya’ al-Lami’ di Majelis Anwarul Habib Kota Langsa. Dari penelitian ini didapati hasil sebagai berikut: salah satu alasan mengapa surat al-Fath ayat 1-3 dibacakan di pembacaan kitab al-Diya’ al-Lami’. ialah karena melihat makna dan historis dari ayat tersebut yang sangat dalam dam merupakan wahyu yang mebuat Rasulullah saw bahagia. Berbagai pemahaman terkait dengan pembacaan surat al-Fath ayat 1-3 ini. Diantaranya menjadikan ayat ini sebagai wasilah untuk menggapai ridha Allah swt sesuai dengan makna kemenangan yang terkandung didalamnya, dan ada juga yang hanya sekedar mengikuti tuntunan yang terah tersusun dalam kitab al-Diya’ al-Lami’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Syafieh, M.Fil.I Pembimbing II:Nur Raihan, M.Us
Uncontrolled Keywords: al-Fath, al-Diya’ al-Lami’, Anwarul Habib
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Ilmu Al-Qur'an & Tafsir
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:37
Last Modified: 15 Mar 2023 01:37
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item