PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 9 LANGSA

Vera Melindia Satri, 130900512 (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 9 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (728Kb) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa dalam proses belajar mengajar.Suatu pembelajaran bisa saja memiliki pengaruh yang baik dalam peningkatan penguasaan konsep siswa, tetapi belum tentu berpengaruh sama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa atau sebaliknya. Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII SMP N 9 Langsa termasuk dalam kategori kurang; antara lain kurangnya kefasihan/kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan membuat hal yang baru (originality), khususnya pada materi sitem persamaan linear dua variabel (SPLDV).Beberapa jawaban siswa yang mempunyai langkah-langkah yang berbeda untuk soal SPLDV yang sama.Akan tetapi masih banyak siswa yang tidak berani menunjukkan ide mereka dalam menyelesaikan soal tersebut.Saat dipaparkan salah satu cara pengerjaan baik dari guru atau siswa lain beberapa siswa cenderung menganggap jawaban mereka salah karena berbeda tanpa melihat lagi kemungkinan kebenaran dari jawabannya.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 9 Langsa. Metode yang di gunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimendengan jumlah siswa 38 orang dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol denganjumlah siswa 38 orang.Hasil analisis rata-rata tes kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen 80,1316lebih tinggi dari kelas kontrol 73,6842. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung =3,158 dan ttabel = 1,993. Dengan kriteria pengujian untuk α = 5% diperoleh thitung>ttabel maka Ho ditolak, dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berfikir kreatifsiswa kelas VIII SMP N 9 Langsa pada materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Ariyani Muljo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, RECIPROCAL TEACHING, KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Murid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Feb 2016 02:46
Last Modified: 09 Feb 2016 02:46
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item