PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMA NEGERI 5 LANGSA PADA MATERI PELUANG

HULAIMAH, 130900492 (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMA NEGERI 5 LANGSA PADA MATERI PELUANG. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (514Kb) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan kompetensi matematika yang dituntut oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang merupakan pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bentuk komunikasi yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran matematika, bentuk komunikasi multiarah dapat membantu siswa mengasah kemampuan berkomunikasi, menyampaikan, dan mengekspresikan idea-idea matematikanya. Metode accelerated learning adalah suatu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga siswa dapat menyerap dan memahami materi baru dengan cepat dan menguasai materi tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran accelerated learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri 3 kelas dengan jumlah siswa 95 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis maka perlu dilakukan uji normalitas sebagai persyaratan analisis data dengan rumus Chi-kuadrat hitung, selanjutnya uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis data yang dilakukan untuk menguji apakah nilai data yang diperoleh termasuk data homogen. Apabila data tersebut telah diuji persyaratan analisa data dan dianggap dapat dilanjutkan maka kemudian akan dilakukan pengujian hipotesis statistik dengan menggunakan uji-t.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenni Suzanna, M.Pd Pembimbing II: Mazlan, M.Si
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, ACCELERATED LEARNING, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Matematika > Topik Khusus Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Feb 2016 02:39
Last Modified: 09 Feb 2016 02:39
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item