Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu Di Min 5 Langsa

Siti Mulliana Sari, 1052018012 (2022) Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu Di Min 5 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SITI MULLIANA SARI.1052018012.PGMI.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ketersediaan atau kelengkapan Komponen perangkat Buku Kerja Guru dalam melaksanankan pembelajaran tematik, 2) pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di MIN 5 Langsa, 3) evaluasi pembelajaran tematik terpadu di MIN 5 Langsa. 4) faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara den dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan wakil kurikulum, adapun hasil penelitian yang diperoleh di lapangan yaitu : Tidak ada kesenjangan atau dalam kesesuaian atau sudah sesuai silabus yang diterapkan guru dengan yang direncanakan. Silabus disusun secara urut dan sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revisi serta silabus yang disusun oleh guru saling terkait dan mampu membantu proses pembelajaran dan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Pelaksanakan pembelajaran tematik terpadu, terlihat dari proses perencanaan pembelajaran tematik pada kelas V di MIN 5 Langsa ini proses perencanaannya sesuai dengan guru kelas yang akan melakukan proses pembelajaran tematik karena guru kelas V harus menyiapkan perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tema dan materi yang akan di sampaikan kepada siswa. Mulai dari pemetaan tema, silabus dan rpp semua itu dilakukan guru kelas agar perencanaan pembelajarannya berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran tematik dilaksanakan pada kelas V di MIN 5 Langsa. Dalam penerapan pembelajaran tematik yang dilaksanakan di MIN 5 sudah terlaksana dengan baik. Evaluasi/penilaian, pada hal ini MIN 5 Langsa menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil, penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat aktivitas tanya jawab, apersepsi dan padasaat aktifitas belajar siswa. penilaian hasil dilakukan saat evaluasi, ulangan harian, UTS dan UAS. Hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu kurangnya kelengkapan bahan ajar, sarana prasarana dan pemahaman guru dalam mencocokkan metode pembelajaran dengan materi, kurang aktif siswa pada saat belajar. Sedangkan faktor pendukung adanya workshop sehingga membantu guru dalam memahami pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Rita Sari, M.Pd.I Pembimbing II:Junaidi M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Analisis, Tematik Terpadu, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:15
Last Modified: 08 Mar 2023 02:15
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item