Khaidir, 3012018037 (2022) Pola Komunikasi Pimpinana dan Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja pada PT. Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
KHAIDIR. 3012018037. KPI. 2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pola komunikasi organisasi merupakan proses penyampaian sebuah pesan dari pimpinan kepada anggota dan dari anggota satu kepada anggota lain di dalam suatu organisasi. Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dalam mengelola ATM, PT. Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe sudah berupaya menerapkan pola komunikasi. Pola komunikasi yang dilakukan antara pimpinan dengan anggota/karyawan, dan antara pimpinan dengan stakeholder yang dalam hal ini adalah Bank yang melakukan kerjasama (afiliasi) dengan PT Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe seperti Bank Bank Syariah Indonesia (BSI). Rumusan masalah dalam yang diteliti yaitu 1) Bagaimana pola komunikasi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja pada PT. Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe , dan 2) Bagaimana hambatan dan solusi penerapan pola komunikasi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja pada PT. Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe ?. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. pendekatan kualitatif merupakan suatu metode yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami makna dari masalah sosial. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara bersamaan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola pola komunikasi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja pada PT. Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe terdiri dari pola komunikasi roda dan pola komunikasi lingkaran, sedangkan proses komunikasi dilakukan secara verbal maupun non verbal antara pimpinan dan karyawan, pimpinan dan stakeholder. 2) Faktor-faktor yang menghambat penerapan pola komunikasi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja pada PT. Swadharma Sarana Informatika Lhokseumawe yaitu: Pertama, Hambatan personal (psikologis) yang terbagi dua yaitu dominasi pimpinan terhadap kerja karyawan dan responsibilitas karyawan.Kedua, Hambatan fisik yang terbagi menjadi dua yaitu gangguan jaringan dan komputerisasi tidak memenuhi standar. Ketiga, Hambatan semantis yang terbagi menjadi dua yaitu miscommunication (kesalapahaman dalam berkomunikasi) dan perbedaan persepsi bahasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Zulkarnain, S.Ag, MA Pembimbing II: Muslem, MA |
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, PT. SSI Lhokseumawe, Layanan ATM |
Subjects: | Umum > Komunikasi |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 04:11 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 04:11 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3185 |
Actions (login required)
View Item |