Pengembangan Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Mufradat di MTs Negeri 1 Langsa

Nuriza Rustian, 1022016004 (2022) Pengembangan Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Mufradat di MTs Negeri 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
NURIZA RUSTIAN. 1022016004. PBA. 2022.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Langsa kelas VIII.7 dengan siswa berjumlah 34 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan permainan ular tangga dan mengetahui tingkat validitas media ular tangga yang dikembangkan. Prosedur pengembangan media yang digunakan peneliti adalah model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) yang memiliki 5 (lima) tahapan, yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap pengembangan dan validasi media oleh dosen ahli menggunakan instrumen angket dan uji pelaksanaan kepada siswa. setelah divalidasi oleh validator dari dua validator yaitu validasi ahli media sebesar 4,8 dan validasi ahli materi sebesar 3,2 dengan kriteria layak untuk dikembangkan. Uji coba kelompok kecil pada uji coba produk tersebut melibatkan 4 responden, diperoleh bahwa permainan ular tangga dengan presentase dan 4,3 kriteria sangat menarik. Selanjutnya dilakukan uji coba pada kelompok besar, respon siswa terhadap permainan ular tangga oleh peserta didik diperoleh presentase 4,0 yang menyatakan bahwa permainan ular tangga menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Fadli, M.Pd Pembimbing II: Meutia Rahmah, M.A
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Mufradat
Subjects: Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Dec 2022 09:08
Last Modified: 20 Dec 2022 09:08
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3171

Actions (login required)

View Item View Item