Pengaruh Lokasi Pasar Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Pasar Kuliner Aceh Tamiang

Aulia Kumala Sari, 4012018090 (2022) Pengaruh Lokasi Pasar Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Pasar Kuliner Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
AULIA KUMALA SARI.4012018090.PBS.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lokasi pasar dan fasilitas terhadap minat beli masyarakat pada Pasar Kuliner Aceh Tamiang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Aceh Tamiang. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menyusun kuesioner untuk memperoleh data primer yang disebarkan kepada 97 sampel. Dari hasil itu setelah dianalisis dengan memakai sistem SPSS 20.0.Lokasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Masyarakat pada Pasar kuliner Aceh Tamiang. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 1,492 lebih besar dari ttabel sebesar 0,198. Hasil uji stasistik nilai signifikansi 0,039 lebih kecil 0,05. Koefisien lokasi pasar bernilai positif terhadap minat beli masyarakat artinya terjadi hubungan positif antara lokasi pasar dengan minat beli masyarakat, semakin baik tawaran lokasi maka semakin meningkat minat beli masyarakat. Fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Masyarakat pada Pasar kuliner Aceh Tamiang. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 1,962 lebih besar dari ttabel sebesar 0,198. Hasil uji stasistik nilai signifikansi 0,043 lebih kecil 0,05. Koefisien fasilitas bernilai positif terhadap minat beli masyarakat artinya terjadi hubungan positif antara fasilitas dengan minat beli masyarakat, semakin baik tawaran fasilitas maka semakin meningkat minat beli masyarakat. Lokasi Pasar dan Fasilitas berpengaruh secara positif dan simultan(bersama sama) terhadap minat beli masyarakat pada Pasar kuliner Aceh Tamiang. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 2,924 lebih besar dari Ftabel 0,198 dan nilai Sig sebesar 0,039 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya lokasi Pasar dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli masyarakat. Pada uji determinasi (R2 ) menunjukan nilai adjusted R2 sebasar 0,639 yang berarti bahwa 63,9% variasi nilai minat beli masyarakat yang ditentukan oleh dua variable yang berpengaruh terhadap minat beli masyarakat yaitu lokasi dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Iskandar, MCL Pembimbing II:Nurjannah, ME
Uncontrolled Keywords: Lokasai Pasar, Fasilitas Pasar, MInat Beli Masyarakat, Pasar Kuliner
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:47
Last Modified: 24 Nov 2022 02:47
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item