Muhammad Iqbal, 5032019026 (2022) Evaluasi Peningkatan Mutu Pendidikan Ma,had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
![]() |
Text
MUHAMMAD IQBAL. 5032019026. PASCA PAI. 2022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan tinggi, proses peningkatan mutu pendidikan serta hasil dari peningkatan mutu pendidikan. Maka dilakukanlah penelitian terkait dengan fokus masalah; (1) pelaksanaan pendidikan tinggi di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya, (2) sumberdaya pelaksanaan pendidikan tinggi di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya (3) proses pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di Ma’had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya, (4) hasil peningkatan mutu pendidikan di Ma’had Aly Darul Munawwarah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluasi dan menggunakan model CIPP. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan untuk menentukan sumber data manusia menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; (1) wawancara mendalam; (2) observasi langsung; dan (3) studi dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dimana yang penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Data yang dijadikan sampel meliputi evaluation context (pelaksanaan pendidikan tinggi), evaluation input (sumberdaya pelaksanaan pendidikan tinggi), evaluation prosses (proses pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di Ma’had Aly), evaluation product (hasil pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di Ma’had Aly). (1) Berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada aspek context diperoleh hasil yang positif dalam setiap komponennya. (2) Pada aspek input diperoleh hasil yang belum maksimal yaitu pada komponen pengajar atau dosen yang kualifikasinya belum memenuhi standar. (3) Berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada process yang meliputi komponen metode, media dan materi menunjukkan hasil yang positif pada metode dan materi sedangkan pada komponen media menunjukkan hasil negatif. (4)Evaluasi yang dilakukan pada aspek product menunjukkan hasil yang maksimal karena semua komponen dilaksanakan secara tersistem dan terukur
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Burhanuddin Sihotang, MA |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, peningkatan, mutu pendidikan, Ma’had Aly |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:29 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 02:29 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |