Analisis Swot dalam Penerapan Celebrity Endorsement pada Online Shop di Kota Langsa

Hanifah Nadia, 4012018052 (2022) Analisis Swot dalam Penerapan Celebrity Endorsement pada Online Shop di Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
HANIFAH NADIA. 4012018052.PBS. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran, strategi dan dampak dari penerapan celebrity endorsment pada online shop di Kota Langsa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif. Informan pada penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 1 orang owner atau pemiliki toko online shop dan 2 orang tenaga kerja di masing-masing toko online shop yaitu Vanilla Boutique, District dea dan Liza house beauty. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif, yang terdiri dari Strenghts, Weakness, Opportunities dan Threaths.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strenght (kekuatan) dari Vanila Boutique yaitu followers di Instagram sebanyak 32,5RB, memiliki akun shoope, menjual pakaian Bangkok yang berkualitas premium. Kekuatan online shop district dea memiliki jumlah followers di Instagram sebanyak 15,2RB, mempunyai akun shoope dan memberikan harga yang cukup terjangkau. Kekuatan Liza House Beauty sudah berdiri cukup lama di Kota Langsa dan sudah memiliki banyak pelanggan tetap, sudah memiliki beberapa cabang di beberapa Kota, memiliki 44,9RB followers di Instagram, menjual berbagai macam kosmetik dan skincare terlengkap dan sering membuat harga diskon sehingga menarik minat beli. Weakness (kelemahan) Vanila Boutique respon admin yang dianggap sedikit lambat dalam menjawab pertanyaan konsumen. Kelemahan dari district dea ialah jumlah followers Instagramnya masih kalah dibandingkan dengan online shop pesaing lainnya yang menjual produk sejenis. Kelemahan Liza house beuaty ialah menjual produk skincare dengan harga sesuai dengan ketetapan agen. Sementara penjual lainnya dapat menjual dengan harga yang lebih murah. Opportunity (peluang) Vanila Boutique karena kekuatan follower yang terus menerus bertambah memberikan peluang bagi vanilla boutique dengan menggunakan jasa celebrity endorse untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk yang ditawarkan kepada banyak masyarakat secara lebih luas. Peluang district dea memanfaatkan jumlah followers yang dimiliki dengan menggunakan jasa celebrity endorse untuk menarik minat beli konsumen. Peluang Liza House Beauty dengan membuka lebih banyak cabang di Kota-Kota lainnya. Threats (ancaman) Vanila Boutique banyak online shop lain yang menjual produk yang hampir sama dengan Vanila Boutique dan menjualnya dengan harga yang lebih murah. Ancaman bagi keberlangsungan online shop district dea ialah persaingan diantara sesama online shop yang menjual produk serupa. Ancaman pada online shop Liza beuaty ialah adanya pesaing yang menjual produk kosmetik atau skincare dengan harga yang jauh lebih murah dari yang dipasarkan Liza house beauty, hal ini tentu akan mempengaruhi minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Fahriansah, Lc. MA Pembimbing II: Juli Dwina Puspita Sari, M.Bus (ADV)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Penerapan, Celebrity Endorsment, Online Shop
Subjects: Muamalat > Perbankan Syariah
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:24
Last Modified: 28 Oct 2022 02:24
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item