Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Differensial di IAIN Langsa

Serly Maulia, 1032015056 (2020) Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Differensial di IAIN Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SERLY MAULIA. 1032015056. PMA. 2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pembelajaran matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa adalah persamaan differensial. Persamaan differensial merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil mahasiswa melalui mata kuliah prasyarat yaitu kalkulus. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mata kuliah persamaan differensial merupakan mata kuliah yang sulit. Hal ini disebabkan karena mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal persamaan differensial yang bersifat non rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal persamaan differensial dan kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal persamaan differensial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dipilih dengan cara purposive. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V unit 2 pendidikan matematika IAIN Langsa yang mengambil mata kuliah persamaan differensial. Instrumen yang digunakan adalah soal persamaan differensial dengan jumlah 6 soal berbentuk essay yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Diperoleh hasil penelitian rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal persamaan differensial adalah 54,1. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata mahasiswa Semester V Unit 2 pendidikan matematika IAIN Langsa dalam menyelesaikan soal persamaan differensial dikategorikan sedang. Diperoleh kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal persamaan differensial yaitu kesulitan pemahaman konsep, kesulitan dalam penerapan prinsip serta kesulitan dalam melakukan operasi matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yenny Suzana, M.Pd Pembimbing II: Faisal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal, Persamaan Differensial
Subjects: Matematika > Topik Khusus Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:57
Last Modified: 24 Oct 2022 08:57
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item