Pengembangan Media Video Explainer Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Model Pembelajaran Blended Learning Di SMA Negeri 1 Langsa

Agung Pantria, 1032017001 (2022) Pengembangan Media Video Explainer Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Model Pembelajaran Blended Learning Di SMA Negeri 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
AGUNG PANTRIA.1032017001.PMA.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyampaian materi pembelajaran yang baik tentunya didukung dengan media pembelajaran yang baik pula. Hal ini terlihat ketika guru yang menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas ada beberapa mata pelajaran yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan materinya, salah satunya adalah matematika pada pokok pembahasan barisan dan deret aritmatika. Siswa merasa jenuh, tidak fokus terhadap mata pelajaran matematika dan menganggap matematika itu merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Selain itu guru juga kesulitan membuat alat peraga atau media pembelajaran. Mengatasi kesulitan tersebut, dibutuhkan sebuah media pembelajaran baru yang menarik serta dapat merangsang kemampuan siswa, salah satu media pembelajarannya adalah video explainer berbasis aplikasi powtoon pada model pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video explainer berbasis aplikasi powtoon pada model pembelajaran blended learning yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan adalah; 1) melakukan analisis, 2) perancangan media, 3) pengembangan media, 4) implementasi media dan 5) evaluasi produk. Kevalidan media dikatakan valid dari hasil rata-rata skor kevalidan oleh ahli media yaitu sebesar 3,53 dan hasil rata-rata skor kevalidan ahli materi yaitu sebesar 3,39 dengan kriteria valid. Kepraktisan media dikatakan praktis dari hasil rata-rata skor kepraktisan oleh guru yaitu sebesar 3,58, hasil rata-rata skor kepraktisan oleh siswa yaitu sebesar 3,17 dan hasil rata-rata skor kepraktisan oleh keterlaksanaan pembelajaran yaitu sebesar 3,90 dengan kriteria praktis. Keefektifan media dikatakan efektif dari hasil rata-rata skor keefektifan oleh guru yaitu sebesar 3,47, hasil rata-rata skor keefektifan oleh siswa yaitu sebesar 3,21 dan hasil rata�rata skor keefektifan dari hasil belajar siswa yaitu sebesar 88,48 yang menunjukkan hasil sangat memuaskan dengan 100% siswa yang tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mazlan, M.Si Pembimbing II:Faisal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Video Explainer, Aplikasi Powtoon, Model Pembelajaran Blended Learning
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:19
Last Modified: 24 Oct 2022 03:19
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item