Nuraini, 1012018060 (2022) Efektivitas Metode Praktik dalam Pembelajaran Fiqih di MTSN 3 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NURAINI. 1012018060. PAI. 2022.pdf Download (720kB) |
Abstract
Metode mengajar merupakan komponen dari proses pendidikan yang harus dikuasai oleh seorang guru dalam mengajar, karena metode merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat penting. Metode yang diterapkan dalam penulisan ini ialah metode praktik pada materi shalat fardhu mata pelajaran Fiqih. Mata pelajaran fiqih merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati terutama dalam ibadah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah penerapan metode praktik dalam pelajaran fiqih materi shalat fardhu pada siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Tamiang dan hambatan penerapan metode praktik dalam pelajaran fiqih materi shalat fardhu pada siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Tamiang..Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang mana sebelum diterapkan metode praktik banyak siswa kurang tertarik dengan pelajaran fiqih, sehingga peserta didik belum mampu mencapai tujuan pembelajaran, siswa pun merasa bosan dan malas disaat proses belajar mata pelajaran fiqih. Dengan adanya penerapan metode praktik menjadi salah satu faktor utama dapat memicu semangat dan motivasi belajar siswa di Kelas VII. Maka penulis dapat memperoleh kesimpulan bahwa setelah menerapkan metode praktik pada siswa di kelas VII siswa menjadi tertarik serta timbul semangat baru untuk belajar dan meraih prestasinya, dan untuk langkah penerapan metode praktik dalam materi shalat fardhu pada pelajaran fiqih tidak berbeda jauh dari langkah-langkah metode pembelajaran yang lain, (a) guru merencanakan pembelajaran, (b) guru menyiapkan materi pembelajaran. Dan setelah semua tersedia maka (c) guru melaksanakan pembelajaran, sedangkan kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode praktik dalam materi shalat fardhu pada mata pelajaran fiqih di kelas VII adalah kemauan dari diri siswa yang tidak mau berubah dimana permasalahan ini sangat perlu diperhatikan lebih dalam lagi oleh guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II: Dr. Hamdani, MA |
Uncontrolled Keywords: | Metode Praktik, materi shalat fardhu, mata Pelajaran Fiqih |
Subjects: | Hukum Islam > Fiqih |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 02:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 02:10 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3023 |
Actions (login required)
View Item |