Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Fadil Sahfikri, 4022017004 (2021) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
FADIL SAHFIKRI. 4022017004. EKS. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu teknologi yang perkembangannya semakin pesat adalah teknologi internet. Pemasaran media online dapat dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan untuk saat ini. Media sosial yang saat ini menjadi tren anak muda mengekspresikan diri menjadi peluang besar sebagai media iklan maupun promosi bisnis seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Langsa. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai sarana bisnis di kalangan mahasiswa program studi Ekonomi Syariah dan juga perspektif etika bisnis Islam tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana bisnis di kalangan mahasiswa program studi Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Subjek pada penelitian ini yaitu informan dan responden yang berjumlah 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa program studi Ekonomi Syariah, mereka memanfaatkan media sosial sebagai sarana bisnis karena dirasa lebih mudah dan praktis. Mereka juga tidak membutuhkan modal besar untuk membuka usaha layaknya berjualan dengan membuka toko. Selain itu, cakupannya juga lebih luas. Mereka menggunakan instagram dan whatsapp untuk promosi barang dagangan mereka. Sebelum menjual barang kepada pembeli, mereka selalu memberi tahu spesifikasi dan detail barang yang mereka jual, tujuannya agar konsumen tidak merasa kecewa dengan barang yang dibeli. Etika bisnis Islam yang diterapkan mahasiswa program studi Ekonomi Syariah yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana bisnis yang mereka punya telah mencapai semua prinsip yang ada, yaitu kesatuan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran. Mereka menjual barang sudah sesuai dengan apa yang dibenarkan dalam Islam dan tidak merugikan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Iskandar Budiman, M.CL Pembimbing II: Mutia Sumarni, MM
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Sarana Bisnis, Etika Bisnis Islam.
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Oct 2022 09:21
Last Modified: 18 Oct 2022 09:21
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item