Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk Menstimulus Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di MI Gampong Meutia

Jetira Natasya, 1052017013 (2022) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk Menstimulus Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di MI Gampong Meutia. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
JETIRA NATASYA NIM. 1052017013. PGMI. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode struktural analitik sintetik (SAS) adalah metode yang dipakai untuk membantu pembaca pemula belajar membaca. Sebagai hasil dari beberapa fase metode analitik struktural sintetik (SAM), yang memungkinkan penggunaan kartu kata dan media gambar untuk proses perolehan membaca awal, siswa tertarik untuk belajar membaca. Anak-anak dapat membaca kata dan kalimat sederhana secara akurat dan lancar dengan metode berikut. Penelitian bertujuan 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan memakai metodenSAS dalam menstimulus kemampuan membacanpermulaanssiswa di MI Gampong Meutia. 2) Untuk mengetahuijhasil belajar siswafdengan memakai metode SAS untuk menstimulus kemampuan membaca siswa di MI Gampong Meutia. Penelitian memakai jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas II MI Gampong Meutia yanggberjumlah 17 orang. Instrumen yang dipakai tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas siswa dalam kemampuan membaca permulaan terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 60% (cukup) menjadi 90% (sangat baik). 2) hasil belajar siswa dengan memakai metodeeSAS dalam menstimulusskemampuan membacaapermulaan siswa pada siklus I sebesar 35% dengan kategori kurang dan siklus II sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Sehingga kesimpulannya yakni penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) bisa menstimulus kemampuan membaca permulaan siswa dan hasil belajar siswa di kelas II MI Gampong Meutia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jelita, M.Pd Pembimbing II: Siti Habsari Pratiwi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Membaca Permulaan dan Metode SAS
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:23
Last Modified: 18 Oct 2022 08:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item