Intan Ramalia, 1052017052 (2022) Analisis Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Resitasi (Studi di SD Negeri Sumberejo, Kecamatan Tenggulun). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
INTAN RAMALIA. 1052017052. PGMI. 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan belajar peserta didik dapat di jadikan tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Adapun permasalahan yang saat ini terjadi di SDN Sumberjo yaitu, kemampuan belajar peserta didik mengenai pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sangat kurang, di karenakan proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik. Guru masuk ke dalam kelas hanya menjelaskan materi dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Sedangkan peserta didik masih banyak yang tidak paham dengan penjelasan dari guru merekaPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang di gunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dan generalisasi. Adapun metode yang di gunakan yaitu metode resitasi, metode resitasi sendiri adalah metode pembelajaran yang di mana guru memberikan tugas kepada peserta didik agar peserta didik melakukan kegiatan belajar dengan giat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat ketidak pahaman peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas yang di lakukan oleh guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Data ini terdapat pada saat peneliti melakukan wawancara terhadap beberapa peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini setelah di terapkan metode resitasi, kemampuan belajar peserta didik mulai meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Suhelayanti, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Belajar dengan Menggunakan Metode Resitasi, Respon Serta Kendala Apa Saja Yang Di Alami. Diskusi Antar Kelompok Dan Rasa Tanggung Jawab Sesama Teman Kelompok |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 08:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 08:16 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3004 |
Actions (login required)
View Item |