Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VII SMPN 2 Padang Tualang

Shelly Andira, 1032017036 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VII SMPN 2 Padang Tualang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SHELLY ANDIRA NIM. 1032017036. PMA. 2021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas VII SMPN 2 Padang Tualang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan menggunakan desain penelitian pretest�postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Padang Tualang tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing kelas tersebut berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian berjumlah 3 item soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 67,23 , sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 53,60. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf signifikan 0,05 dengan menggunkaan uji-t dua pihak, diperoleh thitung = 3,81 dan ttabel = 2,003, maka ttabel < thitung yaitu 2,003 < 3,81 sehingga Ha diterima dan menolak Ho. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa “Terdapat Pengaruh Dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 2 Padang Tualang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Srimuliati, M.Pd Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:03
Last Modified: 17 Oct 2022 04:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item