Shelly Andira, 1032017036 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VII SMPN 2 Padang Tualang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
SHELLY ANDIRA NIM. 1032017036. PMA. 2021.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas VII SMPN 2 Padang Tualang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan menggunakan desain penelitian pretest�postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Padang Tualang tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing kelas tersebut berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian berjumlah 3 item soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 67,23 , sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 53,60. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf signifikan 0,05 dengan menggunkaan uji-t dua pihak, diperoleh thitung = 3,81 dan ttabel = 2,003, maka ttabel < thitung yaitu 2,003 < 3,81 sehingga Ha diterima dan menolak Ho. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa “Terdapat Pengaruh Dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 2 Padang Tualang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Srimuliati, M.Pd Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:03 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 04:03 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2997 |
Actions (login required)
View Item |