Dampak Pembelajaran Jarak Jauh yang dihadapi Mahasiswa dan Dosen Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa Tahun Ajaran 2020/2021 Semester Genap pada Masa Pandemi Covid-19

Miranti Islami, 1032017030 (2022) Dampak Pembelajaran Jarak Jauh yang dihadapi Mahasiswa dan Dosen Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa Tahun Ajaran 2020/2021 Semester Genap pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MIRANTI ISLAMI. 1032017030. PMA. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perubahan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran non tatap muka (daring) akibat adanya pandemi Covid-19, sehingga dunia pendidikan di seluruh perguruan tinggi melaksanakan perkuliahan jarak jauh untuk mengurangi angka penyebaran virus. Akibatnya menimbulkan dampak dan kendala saat pelakasanaannya, baik itu mahasiswa maupun dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak dan kendala dari pembelajaran jarak jauh secara daring yang dihadapi mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa selama masa pandemi Covid-19 pada Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa dan 8 dosen yang aktif melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh di masa pandemi covid-19 pada Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di IAIN Langsa menimbulkan dampak positif dan dampak negatif bagi mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Matematika. Dampak positifnya yaitu, mahir menggunakan teknologi, hemat waktu dan biaya transportasi mahasiswa, kemudahan dalam mengakses materi belajar, serta terbentuknya sikap mandiri dan rasa tanggung jawab. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, pelaksanaan pembelajaran menjadi kurang efisien, tingkat kejujuran sangat rendah, interaksi belajar berkurang, serta motivasi dan minat belajar menjadi menurun. Semua dampak yang terjadi itu disebabkan oleh beberapa kendala yang dihadapi saat belajar. Kendala dalam perkuliahan jarak jauh yang dihadapi mahasiswa dan dosen yaitu, gangguan sinyal internet, sulit memahami materi online, konsentrasi belajar terganggu, beban tugas kuliah, minat belajar mahasiswa sangat rendah, serta penggunaan aplikasi pembelajaran yang terbatas dan kurang efisien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faisal, S.Pd.I,.M.Pd Pembimbing II: Raudatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Dampak Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan Matematika
Subjects: Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:44
Last Modified: 14 Oct 2022 03:44
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item