Penerapan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Di Kalangan Guru Tpa At-Ra’uuf Dan Tpa An-Nafii Di Kampung Padang Langgis Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang

Putri Hasanah, 3012017045 (2022) Penerapan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Di Kalangan Guru Tpa At-Ra’uuf Dan Tpa An-Nafii Di Kampung Padang Langgis Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
PUTRI HASANAH.3012017045.KPI.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dan kompleks bagi kehidupan manusia. Komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari dirumah, disekolah, di tempat pekerjaan, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Komunikasi mewarnai segala aspek kehidupan termasuk kedalam sosial, budaya, ekonomi, dan politik dan pendidikan. Pendidikan dalam proses komunikasi melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswi. Dalam proses komunikasi anatara guru dan sisiwi sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap, mental dan perkembangan pemikiran anak. Dalam proses mengajar tidak akan lepas dengan menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Fokus penelitian dalam penulis skripsi ini adalah bagaimana proses penerapan komunikasi verbal dan non verbal guru TPA Ar-rauuf dan TPA An�nafii terhadap anak didik, dan apa saja hambatan guru dalam menerapkan komunikasi verbal dan non verbal di kalangan TPA Ar-rauufdan TPA An-nafii tersebut Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan komunikasi verbal dan non verbal di kalangan gurudan di TPA Ar-rauuf dan TPA An-nafii, dan untuk mengetahui hambatan dalam proses penerapan komunikasi komunikasi verbal dan non verbal di kalangan gurudan di TPA Ar-rauuf dan TPA An-nafii Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan melalukan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menggunakan teori operant conditioning, kognitif.. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses penerapan komunikasi verbal dan non verbal di kalangan guru di TPA Ar-rauuf dan TPA An-nafii bahwa di TPA Ar-rauuf menggunakan bentuk komunikasi secara langsung dan proses mengajarnya menggunakan bahasa yang baku dan bahasa yang lemah lembut, dan untuk komunikasi non verbal yang diterapkan guru dalam proses mengajar yaitu dengan menampilkan berupa isyarat visual meliputi ekspresi wajah dan kontak mata. Sedangkan di TPA An-nafii menggunakan bentuk komunikasi secara langsung dan proses mengajarnya menggunakan bahasa yang baku dan tegas. Dan untuk bentuk komunikasi non verbal yaitu meliputi isyarat tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing I :Yusmami, S.Ag, MA pembimbing II:Al-Mutia Gandhi, M. Kom.I
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Verbal, Non Verbal, Guru
Subjects: Umum > Komunikasi
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:23
Last Modified: 06 Oct 2022 03:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item