Ummi Kasturi, 1032017040 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Literasi Numerasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
UMMI KASTURI.1032017040.PMS.2022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari lalu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk ( grafik , tabel, bagan , dll) dan mengambil keputusan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dimana terdapat beberapa siklus yaitu siklus I, siklus II, dan seterusnya. Jika pada siklus I belum mencapai hasil yang diinginkan , maka di coba kembali pada siklus ke II, dan apabila pada siklus ke II sudah mencapai hasil yang diinginkan maka penelitian dihentikan sampai siklus ke-II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Langsa, Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran(OTKP 1). Teknik pengumpulan data yaitu :1) Lembar observasi aktivitas guru, 2) Lembar observasi aktivitas siswa, 3) soal literasi numerasi, sebanyak 3 butir soal. Teknik analisis data yaitu : 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan mulai dari Aktivitas guru, Aktivitas siswa dan Hasil belajar siswa. Dimana dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL terhadap literasi numerasi yang menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I memperoleh presentase sebesar 75%, dan pada siklus ke – II meningkat menjadi 86%. Selain pada guru terdapat juga peningkatan pada Aktivitas siswa. Dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran yang menggunakan model CTL tehadap literasi numerasi. menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I memperoleh presentase sebesar 71%, dan pada siklus ke – II meningkat menjadi 82%. Dan nilai rata – rata dari hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68,33, dan pada siklus ke- II meningkat menjadi 83,33.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Sabaruddin, S.Pd.I., M.Si Pembimbing II:Srimuliati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Contextual Teaching And Learning (CTL), Literasi Numerasi, Siswa |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 02:15 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 02:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2930 |
Actions (login required)
View Item |