Penerapan Metode Yanba'u untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadist pada Siswa Kelas X di MAN 1 Langsa

Khairun Nisah S, 1012017049 (2022) Penerapan Metode Yanba'u untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadist pada Siswa Kelas X di MAN 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
KHAIRUN NISAH S. 1012017049. PAI. 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alquran merupakan kitab suci terakhir dan istimewa yang diturunkan Allah kepada manusia. Karena tidak hanya mempelajari dan memahami isinya saja yang menjadi keutamaan, tetapi membacanya pun bernilai ibadah. Maka untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan benar dibutuhkan suatu proses yang tidak instan, perlunya penanaman sejak kecil untuk belajar Alquran baik dalam pendidikan informal, formal dan nonformal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode yanbu’a dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada pembelajaran Alquran Hadits pada siswa kelas X di MAN 1 Langsa? 2) Apa saja yang menjadi faktor kesulitan membaca Alquran dalam mata pelajaran Alquran Hadits siswa kelas X di MAN 1 Langsa?Masalah yang didapat dalam penelitian ini yaitu siswa mengalami kesulitan dalam membaca Alquran baik dari segi pengucapan makharijul huruf, pemahaman hukum-hukum tajwid, dan masih ada yang terbata-bata. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengatasi kesulitan membaca Alquran pada siswa kelas X dalam mata pelajaran Alquran Hadits. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang juga dipahami sebagai jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan suatu keadaan dan peristiwa serta gejala tertentu dilapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses penerapan metode yanbu’a siswa sudah bisa mempraktekkan bagaimana cara membaca Alquran dengan baik, dalam membacanya sudah lancar dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, pengucapan makhraj sudah tepat, dan berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, kemampuan membaca Alquran siswa mengalami peningkatan yang telah mencapai target indikator keberhasilan yang ditelah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat faktor kesulitan yang dialami siswa dalam membaca Alquran adalah semangat dan minat siswa yang sering naik turun, dan waktu pembelajaran yang terbatas sehingga membuat konsentrasi siswa terganggu sehingga siswa merasa tidak cukup untuk menyerap materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mahyiddin, M.A Pembimbing II: Muhammad. Nuh Rasyid, M.A
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Yanbu’a, Mengatasi Kesulitan Membaca Alquran
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:51
Last Modified: 30 Aug 2022 03:51
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item