Rizki Fadillah, 4012017096 (2021) Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
RIZKI FADILLAH.4012017096.PBS.2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia dapat lihat dari semakin beragamnya produk-produk perbankan syariah yang mampu membuat konsumen tertarik untuk memakai jasa perbankan syariah seperti pada produk penghimpunan dana yang akan diturunkan lagi menjadi produk tabungan, giro dan deposito. Awalnya perbankan syariah hanya dikenal oleh sebagian kecil masyarakat akan tetapi dengan terus berkembangnya perbankan syariah sekarang sudah banyak masyarakat di pelosok desa yang sudah mengenal perbankan syariah. Tujuan dari penelitian yang dijalankan oleh penulis ialah untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap minat menabung di perbankan syariah, untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap minat menabung di perbankan syariah, dan untuk mengetahui pengaruh persepsi, religiusitas terhadap minat menabung di perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Kota Langsa dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Faktor Persepsi menunjukan bahwa persepsi berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Kota Langsa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian yang menyatakan Thitung > Ttabel yaitu 8.446 > 1.985 dengan demikian hipotesis ini diterima dengan signifikansi 5%. (2) Faktor Religiusitas menunjukkan bahwa religiuistas berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Kota Langsa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian yang menyatakan Thitung > Ttabel yaitu 4.700 > 1.985 dengan demikian hipotesis ini diterima dengan signifikansi 5%. (3) Jika dilihat secara simultan variabel-variabel independen yaitu variabel X1 (persepsi) dan variabel X2 (religiusitas) berpengaruh secara simultan tehadap variabel dependennya variabel Y (minat menabung). Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil pengujian uji F yang menunjukkan Fhitung > Ftabel yaitu 48.707 > 3,09 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Safwan Kamal, M. E. I Pembimbing II:Faisal Umardani Hasibuan, M.M |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi , Religiusitas , Minat Menabung |
Subjects: | Muamalat > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 08:46 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 08:46 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2856 |
Actions (login required)
View Item |