Pengaruh Daya Beli Masyarakat Dan Harga Jual Produk Terhadap Pendapatan Pedagang Di Pasar Hongkong Aceh Tamiang

Annas Tasyia Balkis, 4012017169 (2022) Pengaruh Daya Beli Masyarakat Dan Harga Jual Produk Terhadap Pendapatan Pedagang Di Pasar Hongkong Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
ANNAS TASYIA BALKIS.4012017169.PBS.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pasar Hongkong, Aceh Tamiang merupakan pasar yang menjual bermacam ragam kebutuhan masyarakat dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan lainnya. Banyak dari masyarakat sekitar Aceh Tamiang yang menjadi pedagang dan bergantung hidup pada pasar ini. Pendapatan pedagang pada dasarnya diukur melalui daya beli masyarakat dan harga jual produk. Setiap pedagang tentunya harus tepat dalam menarik daya beli masyarakat dan menetapkan harga jual produk dengan baik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui daya beli masyarakat berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di Pasar Hongkong, Aceh Tamiang (2) untuk mengetahui harga jual produk berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di Pasar Hongkong, Aceh Tamiang (3) untuk mengetahui d a y a b e l i m a s y a r a k a t dan harga jual produk secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di Pasar Hongkong, Aceh Tamiang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dan dikumpulkan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 61 orang. Alat analisis data yang yang digunakan adalah metode asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) daya beli masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang di Pasar Hongkong, Aceh Tamiang ditunjukkan dengan nilai koefisien pendapatan (X1) bertanda positif yaitu sebesar 1,117 dan p-value kurang dari tingkat signifikansi (0,000 < 0,05). (2) harga jual produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang di Pasar Hongkong, Aceh Tamiang, ditunjukkan dengan nilai koefisien harga jual produk (X2) bertanda positif yaitu 0,602 dan p-value kurang dari tingkat signifikansi (0,000 < 0,05). Dan nilai koefisien determinasi adjusted R Square sebesar 0,365 atau 36,5%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 36,5% pendapatan pedagang dipengaruhi oleh daya beli masyarakat dan harga jual produk sedangkan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak diteliti. Dalam permasalahan ini seharusnya pedagang lebih berinovasi dan mengatur strategi penjualan agar dapat menarik daya beli masyarakat dan lebih mementingkan kualitas produk atau barang agar dapat menjaga harga jual produknya agar pendapatan pedagang menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing I :Dr. Junaidi, M.Ed, M.A pembimbing II:Shelly Midesia, SE.Ak, M.Si
Uncontrolled Keywords: Daya Beli Masyarakat, Harga Jual Produk, Pendapatan Pedagang.
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:12
Last Modified: 23 Aug 2022 03:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item