Pengaruh Metode Skimming dalam Meminimalisir Kesulitan Memahami Wacana pada Siswa di SD Negeri 2 Kejujuran Muda Aceh Tamiang

Siti Sa'idah, 1052017101 (2021) Pengaruh Metode Skimming dalam Meminimalisir Kesulitan Memahami Wacana pada Siswa di SD Negeri 2 Kejujuran Muda Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SITI SA'IDAH.1052017101.PGMI.2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari metode skimming dalam meminimalisir kesulitan memahami wacana pada siswa di SD Negeri 2 Kejuruan Muda Aceh Tamiang.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan metode skimming terhadap pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Kejuruan Muda Aceh Tamiang pada materi wacana .Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode skimming dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa SD Negeri 2 Kejuruan Muda Aceh Tamiang kelas V dengan sampel yang berjumlah 13 orang. Data diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi , tes dan dokumentasi.Data dianalisis secara kuantitatif kemudian menggunakan teknik pengujian melalui Uji T ( one sampel T Test ) dan uji regresi yang bertujuan untuk melihat signifikansi dan seberapa besar pengaruh dari penggunaan metode skimming terhadap hasil belajar siswa dalam memahami wacana. Hasil penelitan diperoleh bahwa hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi wacana mengalami peningkatan dengan menggunakan metode skimming dapat diliat melalui hasil pre-test dan post –test. Pada uji regresi didapatkan nilai0,299 > 0,05 maka penggunaan metode skimming terhadap pemahaman wacana pada siswa berpengaruh sebesar 0,29.penggunaan metodeskimming terhadap pemahaman siswa dalam memahami wacana berpengaruh sebesar 89 % yang diketahui melalui uji regresi. Pada uji T ( one sampel T test) diketahui nilai sig 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan ada selisih yang signifikan dari metode skimming terhadap pemahaman siswa dalam memahami wacana . Dikatakan berpengaruh karena nilai signifikansi didapatkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak jadi dapat disimpulkan ada pengaruh dari penggunaan metode skimming terhadap pemahaman siswa dalam memahami wacana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mohd Nasir, MA Pembimbing II: Raudatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengaruh metode skimming, kesulitan memahami wacana
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Aug 2022 09:44
Last Modified: 15 Aug 2022 09:44
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item