Fatimah Fajar, 3012016038 (2021) Efektivitas Media Gambar dalam Proses Komunikasi Belajar pada Anak Tunagrahita Kelas XI C SMALB Negeri Pembina Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
FATIMAH FAJAR.3012016038.KPI.2021.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu aspek penting dalam membangun komunikasi yang baik antara anak tunagrahita dengan guru dalam proses komunikasi belajar. Komunikasi belajar yang baik dalam proses penyampaian pesan pada anak tunagrahita ialah dengan menggunakan media gambar sebagai alat komunikasi yang efektif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah bagaimana efektivitas media gambar dalam proses komunikasi belajar pada anak tunagrahita kelas XI C SMALB Negeri Pembina Aceh Tamiang dan apa hambatan yang dihadapi olehpengajar dalam menggunakan media gambar pada proses komunikasi belajar kemampuan anak tunagrahita kelas XI C SMALB Negeri Pembina Aceh Tamiang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach), dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian berupa laporan apa adanya, tentang sesuatu yang aktual dengan menggunakan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi, serta sifat penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling, ialah siswa khusus bagian tunagrahita terdiri dari 12 siswa diantaranya: 7 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan. Sebagai sumber data peneliti mengambil 4 siswa, dianataranya ialah Nabila, Agustina, Bagas, Kurnia ika. Keempat siswa tersebut menjadi “purposive sampling”. Dikarenakan keempat siswa tersebut termasuk dalam golongan tunagrahita ringan, mudah diajak komunikasi, memiliki tingkat pemikiran yang rendah namun memiliki semangat belajar kuat. Walaupun terkadang mudah cepat bosan suka bermain dan mudah lupa apa yang pelajari. Hasil temuan penelitian ini ialah proses komunikasi belajar memudahkan anak tunagrahita menerima pesan-pesan komunikasi yang disampaikan guru, sehingga proses komunikasi tersebut berjalan efektif. Hambatan yang dihadapi oleh pengajar dalam menggunakan media gambar pada proses komunikasi belajar ialah dimana perkembangan emosional anak tunagrahita yang berubah-ubah, dan anak tunangrahita memiliki pola pikir yang berbeda dari pada anak normal lainnya, dan tidak hanya itu lingkungan tumbuh anak tunagrahita sangat mendominasi bagaimana caranya ia bersosialisasi dengan kekurangan yang menghambatnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Samsuar, MA Pembimbing II: Dedy Surya, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Komunikasi Belajar, Tuna Grahita |
Subjects: | Dakwah > Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:23 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:23 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2790 |
Actions (login required)
View Item |