Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di Desa Tanah Terban Aceh Tamiang

Lisa Damayanti, 1052017015 (2021) Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di Desa Tanah Terban Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
LISA DAMAYANTI.1052017015.PAI.2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran orang tua terhadap prestasi belajar anak membutuhkan komunikasi. Komunikasi yang kerap terjalin dalam keluarga ialah komunikasi interpersonal. Tetapi saat ini orang tua yang keduanya (suami dan isteri) berkarir menimbulkan waktu untuk bersama dengan anak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal yang dibangun orang tua dalam menstimulasi belajar anak, hambatan yang dirasakan orang tua saat melakukan komunikasi interpersonal dan untuk mengetahui prestasi belajar anak dengan komunikasi interpersonal orang tua terhadap prestasi belajar anak di Desa Tanah Terban. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas komunikasi interpersonal menurut Joseph A. Devito dengan aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap atau perilaku positif, dan kesetaraan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 12 orang tua (suami dan isteri) yang berkarir dan memiliki anak di SD/MI. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penyajian data yang digunakan berdasarkan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran komunikasi interpersonal yang dibangun orang tua dalam menstimulasi belajar anak belum berperan dengan baik, dari lima aspek efektivitas komunikasi interpersonal tidak ada narasumber yang memenuhi dari kelima aspek tersebut. Hal ini dibuktikan berbagai hambatan yang dirasakan orang tua saat melakukan komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar anak seperti: sulitnya anak terbuka, latar belakang pendidikan orang tua, kesibukan pekerjaan, kondisi anak, fakor lingkungan, media massa dan teknologi. Mengenai prestasi belajar anak dengan komunikasi interpersonal orang tua pada nilai rapor semester 2 diketahui bahwa 9 anak yang berinisial MAAT, MK, ZNP, GFA, NUT, NA, RP, NAN, dan NH anak dari AO, S, MAES, Z,WW, IR, DT, RW, dan M mendapatkan nilai rapor di atas KKM, selanjutnya MR anak dari F mendapatkan nilai rapor dibawah KKM pada aspek kognitif mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian ZRN anak dari SI mendapatkan nilai dibawah KKM pada aspek kognitif pelajaran Pendikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terakhir AH anak dari SY pada aspek afektif memerlukan bimbingan dan pendampingan orang tua yang lebih dalam sikap kejujuran dan mendapatkan nilai dibawah KKM pada aspek psikomotorik dan kognitif mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dan BTQ inisial AH juga mendapatkan nilai dibawah KKM pada aspek kognitif, karena banyak mata pelajaran dibawah KKM mengakibatkan AH anak dari SY tidak naik kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Prestasi Belajar Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:55
Last Modified: 04 Aug 2022 03:55
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item