Efektifitas Penggunaan "Simbol" dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Terpadu Langsa

Khairul Munawarah, 1022014029 (2019) Efektifitas Penggunaan "Simbol" dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Terpadu Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
KHAIRUL MUNAWARAH.1022014029.PBA.2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu aspek dari keterampilan berbahasa adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis ini berkembang dan tumbuh dari bentuk sederhana menjadi kompleks yaitu melalui latihan dan praktek. Siswa memiliki kesulitan�kesulitan dalam keterampilan menulis, diantaranya sulit dalam menulis kalimat bahasa arab dan struktur dengan benar, dan siswa masih salah dalam baris dan menyambung huruf. Permasalahan ini akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu permasalahan harus dipecahkan dengan menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang menarik, yaitu salah satunya dengan menggunakan permainan simbol dalam pembelajaran kitabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan permainan symbol dalam pembelajaran bahasa Arab (keterampilan menulis) dan mengetahui kemampuan bahasa Arab anak setelah penerapan permainan symbol di MTS Terpadu Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun instrumen pengumpulan data dan informasi dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Adapun hasil penelitian ini adalah setelah peneliti menganalisis hasil penelitian: bahwa penggunaan permainan "simbol" dalam pembelajaran bahasa arab efektiv, hal ini berdasarkan hasil analisis terhadap post-test dan pre-test dengan rumus t-tes, bukti thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,2> 2,00 dengan signifikansi 5%. Dan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradat dengan menggunakan permainan "simbol" di MTs Terpadu Langsa meningkat pada range 65 – 100 dengan nilai rata-rata 87

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Burhanudding Sihotang, MA Pembimbing II: Meutia Rahmah, MA
Uncontrolled Keywords: Permainan "Simbol", Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:13
Last Modified: 04 Aug 2022 03:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item View Item