Nur Anisa, 4012017154 (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pakaian di Langsa Town Square). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NUR ANISA.4012017154.PBS.2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pasar sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi dan kemudian terbentuklah harga. Pedagang pakaian yang ada di Langsa Town Square (Latos) biasanya berjualan dari pukul 08.00 sampai 23.00 Wib, mayoritas pedangang yang ada di Langsa Town Square adalah berjualan pakaian. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah modal, lokasi dan promosi berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di Langsa Town Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang pakaian yang ada di Langsa Town Square berjumlah 87 Pedagang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 87 Pedagang, diambil menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dapat dijadikan sampel. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan mengunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pedagang di Langsa Town Square dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil 0,05 dan nilai varabel modal sebesar 0,343 skala, artinya jika modal meningkat 1% maka pendapatan akan meningkat sebesar 0,343 skala dengan asumsi lokasi dan promosi tetap. Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pedagang di Langsa Town Square dengan nilai signifikansi 0,012 lebih kecil 0,05 dan nilai varabel lokasi sebesar 0,179 skala, artinya jika lokasi meningkat 1% maka pendapatan akan meningkat sebesar 0,343 skala dengan asumsi modal dan promosi tetap. Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pedagang di Langsa Town Square dengan nilai signifikansi 0,038 dan nilai varabel promosi sebesar 0,141 skala, artinya jika promosi meningkat 1% maka pendapatan akan meningkat sebesar 0,141 skala dengan asumsi modal dan lokasi tetap. Modal, lokasi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Muhammad Dayyan, M.Ec Pembimbing II: Ade Fadillah FW Pospos, MA |
Uncontrolled Keywords: | Pendapatan Pedagang, Pedagang Pakaian, Modal, Lokasi, Promosi dan Pendapatan |
Subjects: | Muamalat > Jual Beli |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:25 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:25 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2738 |
Actions (login required)
View Item |