Maya Pitri, 1032017029 (2022) Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Layang Layang Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Pada Anak Smp Di Tenembak Bintang Kutacane. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
MAYA PITRI.1032017029.PMA.2021.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan dalam kemampuan pemahaman matematis pada anak SMP di Desa Tenembak Bintang Kutacane, dalam menyelesaikan proses pembuatan pada permainan layang-layang dan hubungan proses pembuatan tersebut dengan matematika di sekolah, menggunakan etnomatematika melalui materi bangun datar. Dimana etnomatematika adalah salah satu bidang studi matematika dalam bidang ini memperhitungkan dan pertimbangan budaya dengan memahami penalaran dan sistem matematika yang mereka gunakan. Oleh sebab itu tujuan dalam penelitian ini adalah agar dapat menemukan proses pembuatan layang-layang dengan meningkatkan kemampuan pemahaman dalam konsep pada permainan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek 5anak SMP bertempat tinggal di Desa Tenembak Bintang Kutacane yang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan pemahaman anak dalam menyelesaikan soal tes berada pada kategori sangat rendah, terutama pada indikator pertama dengan nilai 43, indikator ketiga dengan nilai 43, indikator keempat dengan nilai 45, indikator kelimat 30. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis pada indikator tersebut kurangnyapengingatan serta penalaran berlatih dan kurang teliti dalam hasil akhir yang ditemukan. Sedangkan pemahamanpada indikator keduadengan nilai 55. Tingginya pemahaman dalam indikator tersebut disebabkan karena mereka mampu membedakan dan memahami dengan melihat gambar pada soal yang diberikan. Namun secara keseluruhan pemahaman anak SMP yang bertempat tinggal di Desa Tenembak BintangKutacane tergolong masih rendah. Kemudian dilihat dari wawancara yang dilakukan. Anak dapat menghubungkan sisi-sisi dan sudut sehingga membentuk segitiga dan membentuk suatu kerangka layang�layang. Maka proses pembuatan layang-layang berhubungan dengan matematika di sekolah, hal ini dapat dilihat dari kemampuan pemahaman anak dalam menjawab pertanyaan dari peneliti
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Wahyuni, M.Pd Pembimbing II:Raudatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Permainan Layang-layang, Kemampuan Pemahaman, Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:59 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2729 |
Actions (login required)
View Item |