Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional Petak Umpet Di Gampong Pasir Putih Peurelak

Liza Miranda, 1062016015 (2021) Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional Petak Umpet Di Gampong Pasir Putih Peurelak. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
LIZA MIRANDA.1062016015.PIAUD.2021.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan interaksi sosial anak melalui penerapan permainan tradisional petak umpet di Gampong Pasir Putih Peureulak dan untuk mendapatkan karakter sosial anak dengan melakukan permainan tradisional petak upet di Gampong Pasir Putih Peurelak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 7anak yang terdiri dari 3 laki- laki dan 4 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan perkembangan interaksi sosial anak dapat dilihat dari hasil observasi sebelum tindakan atau pre- tindakan dengan nilai rata-rata yang diperoleh anak adalah 7.5 % sedangkan pada Siklus I dengan nilai rata- rata 49,25 atau 25%, dan pada Siklus II perkembangan anak mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,5 atau 85.5%. Sehingga dapat disimpulkan permainan tradisional petak umpet mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak dan membentuk karakter sosial anak di Gampong Pasir Putih Peurelak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Rita Mahriza, MS Pembimbing II:Ade Tursina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Anak Usia Dini, Permainan Tradisional, Petak Umpet
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:16
Last Modified: 27 Jul 2022 03:16
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item