Intan Riyanti, 1062015008 (2019) Penerapan Social Learning Melalui Penggunaan Puzzle untuk Menangani Anak Hiperaktif pada Kelompok B di TK Thursina Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
INTAN RIYANTI. 1062015008. PIAUD. 2020.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian menelaah penerapan social learning melalui penggunaan puzzle untuk menangani perilaku anak hiperaktif pada kelompok B di TK Thursina Aceh Tamiang. Masalah dalam penelitian ini ialah pada seorang anak yang menunjukkan perilaku hiperaktif seperti tidak dapat duduk dengan tenang, memanjat kursi/meja, sering keluar masuk kelas, terkadang suka berteriak, tidak pernah memperhatikan pembelajaran dengan baik dan suka mengganggu teman. Hal ini dapat berpengaruh terhadap lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk menangani anak yang berperilaku hiperaktif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah responden berinisial TA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan social learning melalui penggunaan puzzle untuk menangani anak hiperaktif pada kelompok B di TK Thursina Aceh Tamiang, dapat mengurangi perilaku hiperaktif dengan kategori penilaian berkembang sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zainuddin, MA Pembimbing II: Khairul Amri, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Social Learning Teory, , Anak Hiperaktif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:55 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2701 |
Actions (login required)
View Item |