Firdha Nur Akbari, 1052014009 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV MIN 2 Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
FIRDHA NUR AKBARI.1052014009.PGMI.2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan yang telah peneliti lakukan di MIN 2 Kota Langsa, siswa tidak termotivasi ketika belajar secara individu dalam proses pembelajaran. Terlebih siswa akan lebih paham ketika adanya komunikasi antara satu sama lain. Dengan kata lain, siswa diberi kesempatan untuk memberi penjelasan atas apa yang mereka ketahui mengenai materi pembelajaran. Selain itu, nilai siswa juga tidak sesuai dengan indikator pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan informasi bagaimana tindakan yang tepat untuk menumbuhkan motivasi siswa di MIN 2 Langsa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan subjek yang berjumlah 36 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti akan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Broken Triangle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada pelajaran PKn siswa kelas IV MIN 2 Kota Langsa. Dari hasil kondisi pada pra siklus jumlah siswa tuntas sebanyak 10 siswa dari 36 siswa atau 27,77% dan 26 siswa atau 72,2% belum tuntas dengan rata-rata kelas 69,02. Pada siklus I siswa yang tuntas 23 siswa atau 63,88% dan siswa belum tuntas yaitu 13 siswa atau 36,11% dengan rata-rata kelas 76,66. Hasil penelitian siklus II mencapai 33 siswa atau 91,67% siswa tuntas, dan 8,33% atau 3 siswa belum mencapai ketuntasan dengan rata-rata kelas meningkat menjadi 84,58. Siswa yang belum mencapai ketuntasan daya tangkap anak tersebut tergolong lambat, selain itu siklus II dilaksanakan pada saat menjelang jam istirahat, jadi fokus anak dalam belajar dan menjawab soal tes sudah tidak sepenuhnya lagi, karena anak-anak sudah tidak konsentrasi. Mereka sibuk memikirkan waktu istirahat, akan tetapi meskipun belum mencapai nilai ketuntasan, nilai akhir soal tes yang mereka dapatkan sudah meningkat dari siklus I, dan hanya kurang beberapa nilai saja dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Muhammad Iqbal, M. Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Broken Triangle, Motivasi, Mata Pelajaran PKn |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 08:57 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 08:57 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2696 |
Actions (login required)
View Item |