Lilis Suryani, 1052016082 (2021) Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Ekspository Learning dengan Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri 050783 Salahaji. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
LILIS SURYANI.1052016082.PGMI.2021.pdf Download (4MB) |
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil yang didapat dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran sesuai kapasitas (kemampuan, kecakapan, dan kesanggupan) yang dimilikinya berdasarkan pengukuran tertentu. kecakapan yang terdapat dalam individu adalah kecakapan nyata atau aktual yang menunjukan adanya aspek kecakapan yang segera didemonstrasikan dan diujikan karena merupakan hasil usaha belajar yang dicapai di sekolah baik berupa pengetahuan, sikap, atau keterampilan yang dimanifestasikan dalam bentuk nilai. Media kartu pecahan merupakan media pembelajaran berbentuk kartu yang digunakan untuk membantu guru dalam menjelaskan konsep pecahan sederhana.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika melalui strategi Ekspository learning dengan media kartu pecahan pada siswa kelas V di SD Negeri 050783 Salahaji. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan rancangan Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test uraian dengan jumlah 5 soal tes tertulis. Berdasarkan hasil peneilitian di peroleh ketuntasan pada siklus I rata-rata 46,39 (45,83%) dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu sebanyak 11 orang dan 69,6 (79,2%) pada siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu sebanyak 19 orang. Di samping itu penggunaan media kartu pecahan berdampak positif terhadap aktivitas belajar siswa dimana siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 58,2% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 83,2% atau mengalami peningkatan rata-rata sebesar 25. Dengan demikian disimpulkan penggunakan media kartu pecahan dengan startegi Ekspository Learning terhadap prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori baik pada Siklus I dan kategori sangat baik pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Jelita, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Ekspository learning, Kartu Pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 08:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 08:49 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2695 |
Actions (login required)
View Item |