Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbentuk Kotak Kejutan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Swasta Al-Ashriyah

Rawzatun Nufus, 1052016010 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbentuk Kotak Kejutan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Swasta Al-Ashriyah. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
RAWZATUN NUFUS.1052016010.PGMI.2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar siswa kelas V di MIS Al Ashriyah Langsa pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal ini terlihat bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru dan membuat suasana kelas masih monoton dan kurang aktif. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Tujuan penerapan model pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-C MIS Al Ashriyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, tahapan dalam siklus ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui: Angket tertutup, observasi aktifitas guru dan siswa, dan tes. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu 62% dan pada siklus II yaitu 87%. Hasil tes siklus I diperoleh 45,85% dan siklus II 85,71%. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing berbantu kotak kejutan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MIS Al-Ashriyah Langsa pada materi rantai makaanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Motivasi Belajar, Kotak Kejutan
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:32
Last Modified: 21 Jul 2022 03:32
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item