Nitria Anggriani, 1052015011 (2019) Penamaan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Media Gender Typed Play pada Siswa Kelas IV MIN 9 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
![]() |
Text
NITRIA ANGGARINI.1052015011.PGMI.2019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mengingat begitu pentingnya nilai-nilai pendidikan Islam bagi umat Islam tentunya pendidikan agama yang wajib diikuti adalah Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Tujuan pendidikan Islam itu sendiri adalah untuk mendidik individu mukmin agar tunduk, bertakwa dan beribadah dengan baik kepada Allah, sehingga memperoleh kebahagiaan didunia dan diakhirat. Dengan adanya sikap untuk terus mendekatkan diri kepada Allah, maka segala segala kesulitan akan mudah diselesaikan sehingga datang pula kebahagiaan yang kita inginkan, baik bahagia dunia maupun bahagia akhirat. Oleh karena itu, untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada siswa/i terutama yang berkaitan dengan Gender, Peneliti menggunkan media pembelajaran Gender Typed Play. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian Kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siwa/i kelas IV dan difokuskan pada yang mengalami ketidaksesuaian Gender yakni berjumlah 2 orang. Objek penelitian ini adalah penanaman Nilai-Nilai pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis melalui deskriptif kualitatif Hasil dari penanaman Nilai-Nilai pendidikan Islam. melalui media pembelajaran Gender Typed Play pada siswa kelas IV telah mengalami keberhasilan, sebagaimana dari permasalahan yang terjadi setelah peneliti mencoba untuk memperkenalkannya dengan media pembelajaran tersebut, dengan mengingatkan nilai-nilai Islam yang sebenarnya terutama yang sesuai dengan peran Gender yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Siswa/i dapat mengenal makna Amanah yang terdapat pada pembelajaran. Adapun Amanah tersebut mengartikan bahwa Allah telah mengamanahkan setiap pribadi mereka agar dapat menjalankan peran Gender-nya masing-masing yang sesuai dengan kodratnya dan sesuai dengan nilai dan ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Muhaini, MA Pembimbing II: Muhammad Iqbal, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai pendidikan Islam, Media Pembelajaran Gender Typed Play. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:28 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 08:28 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |